06 December, 2012

Menyusuri Pantai Selatan Jawa Barat

Pantai Jayanti – Pantai Santolo – Pameungpeuk Garut

susur pantai
Bosen dengan bermain digunung-gunung, kami mencoba kali ini main-main ke pantai. Pantai yang kami telusuri kali ini adalah pantai selatan jawa barat. Kami Menelusuri pantai selatan jawa barat sekitar setahun yang lalu, kira-kira bulan september 2011, kira-kira setelah saya dan teman-teman semua selesai sidang Tugas akhir. Yang waktu itu kami semua sudah jeunuh dengan aktivitas kuliah apalagi ngerjain tugas akhit yang bikin kepala mumet tidak karuan.

Waktu itu memutuskan menelusuri pantai selatan ini dengan menggunakan motor. Jalur yang kami rencanakan yaitu dari Padalarang à Ciwidey à Cidaun à Pantai Jayanti à Pantai Santolo à Pameungpeuk à Garut à Bandung dan kembali lagi ke Padalarang.
Kami semua terdiri dari 7 Orang yaitu : Rizal (saya), Dani, Ghani, Rian, Iman, Dhevi, dan Fery, kami semua adalah teman kuliah yang memiliki hobby  yang sama yaitu Traveling, camping, dan touring ke alam bebas bahkan ngegembel sekalipun.

Iya lanjut ke cerita perjalan, kami memulai perjalan dengan berkumpul di basecamp Padalarang, karena mayoritas temen kami berasal dari padalarang, termasuk penulis.
Kami berkumpul hari rabu pagi, lalu siap-siap, ada yang bawa tenda, alat masak, sleeping bag, matras. Kami merencanakan untuk berkemah di pinggir pantai, soalnya kami semua belum pernah mencoba berkemah di pinggir pantai. Sekitar jam jam 8an kami berangkat menggunakan motor. Kami semua terdiri dari 7 orang dan 4 motor.

Rabu jam 10.an kami sampai di ciwidey, kami befoto-foto dahulu menikmati suasana perkebunan teh ciwidey, pemandangan nya sangat indah sekali, hampir semua pegunungan di tanami sama teh, dan jalannya pun naik gunung turun gunung begitu lah.

Setelah itu kami melanjutkan perjalan lagi, di perjalan pemandangan nya sangat bagus sekali, lama-kelamaan jalan pun tertutup kabut tebal, sangat menyulitkan memang, tapi perjalanan biarpun pun berbahaya kami lanjutkan lagi. sesudah sekitar 1.5  jam, perut kami terasa lapar, kami semua istirahat sambil membeli ayam goreng di warung, lalu di bungkus dan dimakan di tempat yang sejuk dipinggir jalan, terasa nikmatnya.
cape tapi rame

Jam 14.00 kami sampai juga di pantai Jayanti, pantai ini berada di daerah cidaun.. tetapi pantainya kurang mantap, banyak karang-karang begitu lah. Tapi kami nikmati saja dengan berfoto-foto bersama.

Sesudah berlama-lama disana, melanjutkan perjalan kami, kami mencari tempat yang cocok untuk berkemah. Setelah lama mencari, akhirnya kami menemukan tepat yang cocok, tempatnya diantara semak belukar, dekat dengan rawa yang airnya tawar, dan dekat juga ke pantai. Disana kami mendirikan tenda “Spongbob”, karena tenda yang bagusnya lagi di pinjem oleh teman kita yang lain, itu sebagai tenda darurat bagi temen kami yang tidak bawa sleeping bag.

Sungguh pengalaman pertama saya berkemah di pinggir pantai, hehe..

di pantai jayanti

nongkrong di ciwidey dulu akh

batu karang pantai jayanti

batu karang pantai santolo

indonesia harga mati

sunsilk

si bolang garut selatan

persahabatan

by.  Rizal Tri Susilo

1. Indah sekali nih pantai santolo ini.

1. iya om,, kalau ada waktu wajib di kunjungi om.... indah-indah kok pemandangannya