04 May, 2012

Curug Siliwangi




Saat liburan kuliah itu kami beranggotakan 5 orang, merencanakan berkemah ke Curug Siliwangi. Curug Siliwangi Terletak  di kawasan Bandung Selatan, tepatnya di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa barat.  Curug Siliwangi ini memiliki ketinggian sekitar 150 m. Konon menurut legenda Curug Siliwangi merupakan tempat pemandian Prabu siliwangi
Akses Untuk menuju ke Curug Siliwangi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum.  Dari arah bandung kita ketegalega, lalu di Tegalega  naik bus jurusan Pangalengan, lalu  turun di  desa Cimaung, kemudian naik angkutan desa menuju pintu gerbang Kawasan Wisata Gunung Puntang.  Selain itu, Bisa juga dari Terminal Tegalega kita naik kendaraan umum jurusan Banjaran yang warna coklat, kemudian turun diterminal banjaran dan selanjutnya naek angkutan pedesaan menuju pintu Gerbang .
Selain itu bagi yang membawa kendaan pribadi dari arah bandung atau luar bandung bisa mengikuti Jalan Moch Toha yang menuju ke arah pangalengan,  lalau belok kiri ke daerah Gunung Puntang.
Sesampainya di pintu gerbang Gunung Puntang, kita tinggal berjalan kaki menelusuri sungai-sungai, menaiki bukit-bukit terjal yang menguji adrenalin kita. Perjalan itu sekitar 1.5 jam, tapi hati-hati terdapat jurang-jurang yang sangat terjal, yang jalannya hanya muat buat 1 orang. Ketika diperjalanan kita pasti bingung dikarnakan jarang petunjuk arah untuk sampai ke curug siliwangi itu, maka dari itu kita harus bertanya kepada warga sekitar dan penjaga objek wisata tersebut. Sesampainya disana kita akan melihat betapi indahnya Curug siliwangi dari jauh, begitu tinggi dan menjulangnya.











No comments:

Post a Comment