04 June, 2013

Sistem minimum mikrokontroller ATMega 8535


Modul Mikrokontroler ini merupakan bagian yang terpenting karena rangkaian ini adalah pengendali dari input/output rangkaian lain, selain itu modul ini terdiri dari rangkaian Clock dan Reset.


Sistem Minimum Mikrokontroler

ATMega8535 membutuhkan tegangan supply ( vcc ) sebesar +5V dan akan bekerja pada frekuensi oscillator yang dipakai. Mikrokontroler ini mempunyai oscillator internal yang dapat digunakan sebagai penghasil clock yang menggerakan CPU. Oscillator yang digunakan yaitu berupa oscillator Crystal, oscillator Crystal ini dihubungkan pararel dengan Mikrokontroler ATmega8535.
Pada sistem ini akan dipakai Oscillator Crystal dengan frekuensi 8 MHz dan dipakai dua buah kapasitor 22pf yang dihubungkan dengan XTAL 1 dan XTAL 2 pada Mikrokontroler. Pemilihan Crystal dengan frekuensi ini adalah dengan pertimbangan agar kesalahan pada penentuan Kecepatan Transmisi (baud rate) dapat diperkecil ditingkat interface Komputer dan menghasilkan frekuensi penggerak stabil.
Selain itu Mikrokontroler memiliki saluran reset aktif tinggi ( high ) sehingga saluran reset ini harus dijaga agar tetap berada pada kondisi rendah ( low ). Pin RST digunakan untuk me-reset program ( mulai keadaan awal 0000H ) dengan memberikan sinyal high pada pin. Namun digunakan sebuah resistor pull-down yang dihubungkan dengan ground agar pin RST tidak berada pada kondisi mengambang ( floating ). Agar mikrokontroler direset pada saat dihubungkan dengan sumber tegangan, maka pin reset dihubungkan dengan VCC melalui kapasitor 10nF.

No comments:

Post a Comment