04 June, 2013

Modul sensor suhu dan kelembaban SHT 10



Modul SHT 10 ini merupakan modul sensor suhu dan kelembaban relatif yang berbasis sensor SHT10 dari Sensirion. Modul ini dapat digunakan sebagai alat pengindra suhu dan kelembaban dalam aplikasi pengendali suhu dan kelembaban ruangan maupun aplikasi pemantau suhu dan kelembaban relatif ruangan. Spesifikasi dari SHT10 ini adalah sebagai berikut: 
1.      Berbasis sensor suhu dan kelembaban relatif Sensirion SHT10.
2.      Mengukur suhu dari -40C hingga +123,8C atau dari -40F hingga +254,9F dan kelembaban relatif dari 0% RH hingga 100% RH.
3.      Memiliki ketetapan (akurasi) pengukuran suhu hingga 0,5oC dan ketepatan (akurasi) pengukuran kelembaban relatif hingga 4,5%RH.
4.      Memiliki antarmuka serial synchronous 2-wire.
5.      Jalur antarmuka telah dilengkapi dengan rangkaian pencegah kondisi sensor lock-up.
6.      Membutuhkan catu daya +5V DC dengan konsumsi daya rendah30 μW.
7.      Modul ini memiliki faktor bentuk 8 pin DIP 0,6 sehingga memudahkan pemasangannya. "
Gambar 1. Sensor SHT 10

1.   Prinsip Kerja Sensor
SHT10 adalah sebuah single chip sensor suhu dan kelembaban relatif dengan multi modul sensor yang outputnya telah dikalibrasi secara digital. Dibagian dalamnya terdapat kapasitas polimer sebagai eleman untuk sensor kelembaban relatif dan sebuah pita regangan yang digunakan sebagai sensor temperatur. Output kedua sensor digabungkan dan dihubungkan pada ADC 14 bit dan sebuah interface serial pada satu chip yang sama. Sensor ini mengahasilkan sinyal keluaran yang baik dengan waktu respon yang cepat. SHT10 ini dikalibrasi pada ruangan dengan kelembaban yang teliti menggunakan hygrometer sebagai referensinya. Koefisien kalibrasinya telah diprogramkan kedalam OTP memory. Koefisien tersebut akan digunakan untuk mengaklibrasi keluaran dari sensor selama proses pengukuran.


Gambar 2. Blok Diagram SHT 10

Pengambilan data untuk masing-masing pengukuran dilakukan dengan memberikan perintah pengalamatan oleh mikrokontroler. Kaki serial Data yang terhubung dengan mikrokontroler memberikan perintah pengalamatan pada pin Data SHT10 “00000101” untuk mengukur kelembaban relatif dan “00000011” untuk pengukuran temperatur. SHT10 memberikan keluaran data kelembaban dan temperatur pada pin Data secara bergantian sesuai dengan clock yang diberikan mikrokontroler agar sensor dapat bekerja. Sensor SHT10 memiliki ADC (Analog to Digital Converter) di dalamnya sehingga keluaran data SHT10 sudah terkonversi dalam bentuk data digital dan tidak memerlukan ADC eksternal dalam pengolahan data pada mikrokontroler. Skema pengambilan data SHT10 dapat dilihat pada gambar berikut ini.[8]


Gambar 3. Skema Pengambilan Data


Tabel 1. Konfigurasi Pin SHT 10

PIN
NAME
COMMENT
1
GND
GROUND
2
DATA
SERIAL DATA, BIDIRECTIONAL
3
SCK
SERIAL CLOCK, INPUT ONLY
4
VDD
SOURCE VOLTAGE

Data sheet bisa di download langsung di

1 comment:

  1. bisa di aplikasikan untuk menghidupkan pompa air mas.jika suhu dan kelembaban berkurang pompa air akan hidup

    ReplyDelete