02 May, 2012

Alam Diciptakan tuhan untuk dijelajahi


situ cikumpay
Alam adalah sebuah inspirasi bagi manusia. Alam diciptakan tuhan untuk dijelajahi,  di lestarikan, diteliti, dan masih banyak yang harus dilakukan manusia untuk alam ini. Menjelajah adalah kegiatan yang tak dapat dipisahkan dari zaman nenek moyang kita. Dahulu nenek moyang kita selalu berpindah-pindah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga, sebenarnya kita semua  memiliki jiwa sang petualang yang berasal dari darah nenek moyang kita. Seperti sebuah lagu yang pernah kita dengar atau nyanyikan waktu kecil yaitu “nenek moyang ku seorang pelaut”.  Itu berarti nenek moyang kita adalah orang yang tangguh, kuat, dan memiliki jiwa petualang sehingga nenek moyang dan kita bisa berada di ranah Indonesia ini.  Sampai-sampai nenek moyang kita berjuang mengarungi lautan, mendaki gunung, menyusuri hutan belantara, dan sampai menyusuri gua untuk bertahan hidupdan mencari kehidupan yang lebih baik.
Sekarang kita dilahirkan untuk meneruskan penjelajahan nenek moyang kita dahulu, tetapi penjelajahan dahulu sama sekarang agak berbeda. Kalau sekarang  yaitu kita “menjelajah untuk berbagi pengetahuan” bagi sesama. Itulah yang sekarang ini banyak orang lakukan, sebab sekarang banyak media untuk berbagi pengetahuan tentang dokumentasi penjelajahan kita. Tetapi dalam penjelajahan kita harus menjaga Alam dan sekitarnya. Lestarikan alam kita sekarang.
Karena Alam adalah guru tertua manusia. Banyak memberikan pelajaran bagiku. Dibaliknya, tuhan memberikan ayat-ayat alam yang nyata, sebagai tanda kebesaraNnya dan menjadi bahan perenungan. Semoga catatan perjalan jejak kaki-kaki yang lelah ini bermanfaat untuk sesama. (momon S. Moderoni)

No comments:

Post a Comment