04 May, 2012

Wisata alam Kawah Gunung Galunggung


Siapa tak kenal dengan Gunung yang satu ini. Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 mdpl, gunung ini  terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
Untuk menuju ke gunung galunggung ada beberapa rute yaitu:  Dari arah Jakarta atau Bandung setelah melewati Ciawi, Cisayong, sebelum masuk kota Tasikmalaya, di kecamatan Indihiang yang sebelum terminal bis Indihiang, ada jalan di sebelah kanan menuju Cipanas-Galunggung jaraknya sekitar  12 km. Dari pusat kota Tasikmalaya langsung  ke arah Barat lewat Jl. Bantar-Tawangbanteng,  jaraknya sekitar + 17 km.
Sementara jika dari arah Bandung lewat Garut-Singaparna setelah simpang tiga dekat jembatan Cikunir belok ke arah kiri  + 14 km. Pengunjung dengan kendaraan besar, bis sedang atau besar disarankan untuk mengambil rute Bantar-Tawangbanteng yang sering dilalui truk-truk pengangkut pasir, karena bila melalui Indihiang terdapat jembatan kecil dan sempit yang hanya dapat dilalui satu kendaraan.
Bagi pengunjung dengan kendaraan umum dari arah Jakarta dan Bandung sebaiknya turun di Terminal Bus Tasikmalaya, karena tidak banyak angkutan umum yang lewat di jalur tersebut di atas. Kemudian, perjalanan dilanjutkan naik angkutan kota jurusan Terminal-Galunggung-Singaparna dengan ongkos sekitar Rp. 9.000 per orang. Turun di pintu masuk kawasan Cipanas Galunggung. Kemudian jalan kaki atau naik ojek hingga pelataran parkir di kaki anak tangga menuju kawah.
Alternatif  lainnya dapat turun di perempatan Indihiang-Ciponyo (bilang saja ke kondektur mau ke Galunggung), lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek dengan tarif Rp. 20.000 hingga pintu gerbang objek wisata Galunggung dan ditambah lagi Rp. 15.000 untuk sampai menuju anak tangga ke arah kawah.
Setelah sampai dipelataran parkir Gn Galunggung, kita disuguhkan dengan +  1000 anak tangga untuk menuju ke puncak kawahnya. Memang sangat melelahkan, tetapi juga sangat mengasikan. Setelah di puncak Gunungnya kita akan takjub akan kebesaran sang Pencipta dan Besarnya Letusan Gunung Galunggung waktu Dulu. Benar-benar menakjubkan.
Untuk para penggemar mancing mania, Di Gunung galunggung ini kita dapat menikmati keindahan kawah bekas letusan. Yang sekarang kawah itu jadi digenangi air  yang biasanya sering digunakan warga sekitar untuk memancing ikan. Ikan didanau bekas letusan banyak juga kata warga sekitar.
Selain itu dibawah juga terdapat mesjid yang lama tidak terawat, karnakan untuk menepuh mesjid itu cukup jauh.


No comments:

Post a Comment